Maurin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Sembelit dan Wasir

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Sembelit dan Wasir

Saat kehamilan, tidak melepas kemungkinan ibu hamil mengalami gangguan termasuk gangguan pencernaan seperti sembelit atau wasir. Dan yang paling mempengaruhi kesehetan ibu hamil adalah asupan makanan yang dikonsumsinya. Makanan sehat untuk ibu hamil menjadi penting untuk diperhatikan demi kesehatan ibu hamil serta bayi yang sedang dikandung. Demikian juga agar terhindar dari gangguan wasir atau ambeien Anda harus memenuhi kebutuhan serat dalam makanan.

Wasir atau ambeien sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering dialami ketika masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh tekanan pada saat hamil di area perut. Nah, berbicara mengenai ambeien, hal ini lebih banyak disebabkan oleh pola makan dan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Terutama pada kehamilan besar seperti menginjak usia kehamilan 7 bulan, Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan haruslah mengandung banyak serat untuk menghindari gangguan pencernaan terutama wasir atau ambeien.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Kaya Serat

Nah, untuk mencegah atau menghindari gangguan pencernaan terjadi pada ibu hamil, makanan yang kaya akan serat menjadi solusinya. Berikut makanan yang kaya akan serat.

  • Sayur dan buah

Makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat hamil adalah sayur dan buah. Termasuk untuk gangguan pencernaan seperti wasir, buah dan sayur yang kaya akan serat sangat bagus. Beberapa sayuran yang kaya akan flavonoid dan kaya serat biasanya berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, kubis, dan kangkung. Sedangkan buahnya, ada apel, jeruk, strowberri, kurma, alpukat dan pisang.

  • Kacang-kacangan

Selain buah dan sayur, jenis makanan lain yang mengandung banyak serat adalah kacang-kacangan. Beberapa kacang-kacangan yang mengandung serat adalah kacang polong, kacang hitam, kacang hijau dan kacang almond. Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk olahan makanan, bisa juga digunakan untuk camilan.

  • Biji-bijian

Sejenis kacang-kacangan yang juga bagus untuk mencegah ambeien adalah biji-bijian. Dalam biji-bijian mengandung akan serat tidak larut. Makanan jenis biji-bijian meliputi oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

  • Yoghurt dan Susu Rendah Lemak

Makanan lain yang juga mengandung serat adalah yoghurt dan susu rendah lemak. Makanan tersebut merupakan makanan yang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang diketahui, yoghurt merupakan minuman yang baik untuk kesehatan usus dan pencernaan.

Pantangan Makanan Saat Ambeien

Selain makanan yang dianjurkan untuk mencegah ambeien atau wasir, ada juga jenis makanan yang menjadi pantangan saat ambeien.

  • Makanan pedas

Hindari makanan pedas jika bunda sudah terkena ambeien atau wasir. Mengapa? karena makanan pedas dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti wasir.

  • Makanan berlemak

Selain makanan pedas, penderita wasir juga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak. Makanan yang banyak lemak akan lebih sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga sistem pencernaan bekerja lebih keras dan dapat memperparah ambeien.

  • Makanan rendah serat

Salah satu tips mencegah penyakit ambeien atau wasir adalah dengan mengganti makanan yang rendah serat dengan makanan yang kaya akan serat. Nah contohnya adalah ganti kentang yang rendah serat dengan makanan lain seperti nasi putih atau gandum.

Nah, itulah ulasan mengenai makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan agar terhindar dari wasir atau ambeien. Jika gejala ambeien mulai muncul dan kondisi tidak membaik, segera periksa kesehatan Anda ke dokter. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali